Rumah Herbal Green World

SOLUSI DAN INFORMASI TERLENGKAP TENTANG KESEHATAN

Makanan dan Buah Penambah Darah yang Penting untuk Dikonsumsi

Makanan dan Buah Penambah Darah yang Penting untuk DikonsumsiMakanan dan Buah Penambah Darah yang Penting untuk Dikonsumsi,- Salah satu cara untuk mencegah anemia atau kekurangan darah adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan dan buah penambah darah. Hal ini tentu saja lebih aman dilakukan ketimbang harus mengonsumsi obat-obatan atau suplemen yang biasa dijual di pasaran. Nah, anemia sendiri biasanya ditandai dengan rasa pusing, letih, lesu, dan juga cepat lelah ketika beraktivitas. Mengapa bisa terjadi kekurangan sel darah merah? Pada umumnya yang menjadi masalah adalah karena seseorang kekurangan asupan zat besi. Oleh karena itu yang dibutuhkan oleh para penderita anemia atau kekurangan darah merah ini adalah mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung zat besi. Dari mana bisa mendapatkan asupan zat besi? Pada artikel kali ini kami akan menyampaikan informasi kepada Anda mengenai jenis makanan dan juga buah buahan penambah darah yang mengandung zat besi.

Faktor Risiko Anemia yang Biasa Terjadi

Berbagai jenis makanan dan buah penambah darah seharusnya bisa dikonsumsi setiap hari oleh setiap orang. Akan tetapi, hal inilah yang biasanya disepelekan dan diabaikan oleh sebagian orang karena dianggap kurang penting. Padahal apabila asupan zat besi tidak bisa terpenuhi, maka hal tersebut sangat berisiko mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

Pada umumnya ada beberapa faktor risiko yang bisa membuat Anda mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Salah satunya tentu saja karena kekurangan asupan zat besi seperti yang sudah kami sampaikan tadi. Selain itu, anemia ternyata juga bisa terjadi karena adanya gangguan kesehatan yang menyerang usus kecil. Atau biasanya hal ini juga bisa terjadi karena adanya operasi atau pembedahan terkait dengan usus kecil.

Bagi Anda para wanita, menstruasi atau siklus haid juga bisa menjadi salah satu pemicu kekurangan darah merah atau anemia. Oleh karena itu ketika sedang menstruasi, seorang wanita disarankan untuk tetap memenuhi zat gizi dan nutrisi. Terutama dari jenis makanan dan buah penambah darah. Wanita juga sangat berisiko mengalami anemia ketika sedang mengandung atau hamil. Pasalnya wanita hamil juga berkewajiban untuk memenuhi asupan gizi janin yang ada di dalam kandungannya.

Namun ternyata ada juga penyebab anemia yang diakibatkan oleh faktor keturunan. Hal ini memang tidak bisa dihindari, namun pasti bisa dicegah dan diminimalisir. Bagi Anda yang memiliki penyakit kronis seperti kanker, penyakit ginjal, kegagalan hati, atau diabetes Anda juga harus waspada karena salah satu gejala yang akan Anda alami adalah turunnya jumlah sel darah merah atau anemia. Dan bagi Anda yang punya kebiasaan minum alkohol juga sangat disarankan untuk beralih menjadi seorang yang lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B12. Namun yang paling penting adalah tinggalkan kebiasaan minum alkohol Anda.

Jenis Buah Penambah Darah yang Mengandung Zat Besi

Pada dasarnya semua jenis buah memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, tidak semua buah cocok menjadi buah buahan penambah darah karena tidak memiliki beberapa kandungan tertentu terutama zat besi. Lalu jenis buah apa saja yang baik dikonsumsi oleh para penderita anemia?

Jenis buah pertama adalah apel, di mana buah ini memang dikenal sebagai salah satu buah paling enak dan banyak penggemarnya. Kandungan vitamin pada buah apel ini cukup lengkap termasuk kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menambah darah. Oleh karena itu buah apel sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang mengalami anemia. Bukan hanya buah apel, akan tetapi ada juga jenis buah penambah darah lainnya yang rasanya juga tak kalah nikmatnya. Buah yang satu ini adalah melon, di mana buah melon juga dikenal sebagai buah yang sangat menyegarkan karena 90 % mengandung air. Bukan hanya mengandung zat besi saja, akan tetapi buah berwarna umumnya berwarna hijau segar ini memiliki kadar vitamin A yang cukup tinggi.

Anda juga bisa mencoba buah kurma, salah satu buah kaya manfaat yang juga cukup efektif mengatasi masalah kekurangan darah atau anemia. Buah kurma ini memiliki kandungan vitamin B kompleks yang cukup tinggi. Nah, vitamin ini juga bisa menjadi pengganti zat besi untuk membantu produksi sel darah merah di dalam tubuh. Kurma juga sangat baik sebagai buah untuk berbuka puasa, pasalnya kandungan gulanya sangat mudah dicerna dan bisa memberikan energi tambahan pada tubuh.

Ada juga buah jeruk, buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Secara umum, buah jeruk ini sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dengan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Dan yang paling penting adalah kandungan zat besi yang sangat dicari manfaatnya oleh para penderita anemia. Buah lezat lainnya yang mengandung zat besi adalah alpukat. Di mana alpukat dan berbagai olahannya ternyata cukup baik sebagai sumber lemak tak jenuh yang tentunya sangat aman bagi tubuh.

Jenis Makanan yang Bisa Mengatasi Anemia

Selain jenis buah penambah darah, Anda juga disarankan untuk mencari zat besi dari sumber yang lain. Diantaranya adalah dengan mengonsumsi daging kambing, makanan yang dipercaya cukup efektif menambah darah. Meskipun daging ini sering dihindari oleh para penderita hipertensi dan juga bisa menjadi pemicu hipertensi, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar daging kambing bisa memberikan asupan beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Terutama zat besi dan protein yang sangat dibutuhkan untuk membantu produksi sel darah merah.

Selain daging kambing Anda juga bisa mengonsumsi daging bebek. Di mana khasiatnya juga tidak kalah dengan daging kambing atau berbagai jenis buah buahan penambah darah tadi. Konsumsilah daging ini secara teratur supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Telur juga menjadi sumber protein hewani yang ternyata juga sangat bermanfaat untuk menambah darah. Terutama karena telur mengandung zat besi dan juga protein yang cukup tinggi. Dan jenis sumber protein hewani lainnya yang bermanfaat sebagai penambah darah adalah hati hewan. Di mana hati hewan ternyata bisa membantu memenuhi kekurangan asupan zat besi.

Bukan hanya jenis buah penambah darah, daging dan telur saja yang dinilai baik untuk mengatasi anemia. Akan tetapi sayuran seperti sayur bayam sudah dikenal sejak dahulu sebagai sumber zat besi yang sangat baik. Beberapa jenis sayuran lainnya seperti kentang, brokoli, kubis, dan juga jenis kacang-kacangan ternyata cukup baik untuk membantu menambah darah.

Jadi mulai sekarang tak ada salahnya jika di setiap jadwal makan Anda, selipkanlah beberapa jenis makanan atau buah buahan penambah darah supaya Anda tidak mengalami anemia. Pasalnya selain sebagai penambah darah, zat besi ataupun nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh memang harus selalu terpenuhi setiap harinya. So, sekian artikel kali ini dan selamat menjaga kesehatan tubuh Anda masing-masing. Semoga bermanfaat.

by : http://rumahherbalgreenworld.web.id/

Updated: 31/08/2015 — 10:24 AM
Rumah Herbal Green World © 2017 Frontier Theme